Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Gentong Bolong Yang Terlupakan

BM Cerita - Anak Jaman Now belum tentu tahu yang namanya Gentong. Gentong adalah wadah air yang difungsikan untuk menyimpan air untuk kebutuhan memasak baik memasak makanan maupun untuk air minum. Pada jaman dahulu sering kita jumpai gentong disetiap rumah. Gentong sangatlah populer kala itu, karena memang unik terbuat dari tanah liat sama seperti kita manusia, cuma bedanya sigentong nasibnya cukup malang kita manusia banyak diberi karunia oleh Allah SWT sedangkan gentong tetap setia didapur ataupun didekat sumur. Gentong yang difungsikan layaknya kran pada jaman sekarang dinamakan pedasan. Pedasan lazimnya digunakan untuk berwudlu pada jaman dahulu kini fungsinya diserbot oleh kran buatan orang luar. Gentong merupakan produk lokal yang sudah agak jarang digunakan pada era sekarang ini. Lebih - lebih jika sudah bolong makin terlupakan keberadaanya.


Gentong Bolong Yang Terlupakan
Sebagai saudara dari Gentong hendaknya manusia tidak melupakan keberadaan gentong tersebut, tidak hanya gentong saja sobat yang merupakan saudara kita namun masih banyak dari jenis gerabah yang merupakan saudara kita. Disadari atau tidak memang begitu adanya, kita sama-sama terbuat dari bahan yang sama yaitu tanah liah. Walaupun tidak bisa dipungkiri kalau kalau bahan untuk membuat manusia yang selanjutnya bukan tanah liat lagi namun setetes air hina kata bang Haji Rhoma Irama.


Dari catatan diatas hendaknya bisa dijadikan sebagai bahan renungan buat kita bahwa kita harus sangat bersyukur dijadikan makhluk istimewa dimuka bumi ini, banyak makhluk yang ditundukan buat kita bahkan yang jauh lebih besar dari kita seperti gajah, kerbau, sapi dll dan yang lebih buas dari kita seperti macan singa dll.


Namun ada hal yang perlu kita pikirkan lebih dalam lagi, sama - sama terbuat dari tanah liat hendaknya kita jangan sombong terhadap sesama, entah itu sesama manusia ataupun sesama tanah liat seperti gentong maupun yang lainnya. Sifat sombong hanya milik Allah SWT karena memang pantas sombong. yang perlu diingat Mbah Iblis la'natallahi 'alaih adalah makhluk Allah yang sangat hebat pada kala itu, dilangit mempunyai sebutan sendiri sendir dan yang indah - indah, namun karena kesombongannya akhirnya Ia dibenci oleh Allah dan diusir dari surga. Mbah Iblis saja yang dahulu sudah hidup disurga bisa dikeluarkan dari surga kerena sombong apalagi kita yang sombong, mau hidup dimana kita kelak, surga tidak menerima makhluk-makhluk sombong.


semoga Ngenyis kali ini tidak sekedar ngenyis biasa namun ngenyis yang mendatangkan keberkahan buat kita semua.



Labels: Ngenyis

Thanks for reading Gentong Bolong Yang Terlupakan. Please share...!

0 Comment for "Gentong Bolong Yang Terlupakan"

Back To Top